Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja soal Kelemahan Diri

1. Tidak perlu berbohong

Menyampaikan kelemahan diri bukan sesuatu yang mengenakkan. Terkadang, kamu khawatir atau takut bila kelemahan ini malah membuatmu ditolak perusahaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja soal Kelemahan Diri", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/09/05/200000826/tips-menjawab-pertanyaan-wawancara-kerja-soal-kelemahan-diri?page=all.

Editor : Yoga Sukmana

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Don't Lie - Beranda | Facebook

Menyampaikan kelemahan diri bukanlah hal yang menyenangkan karena terkadang kita khawatir atau takut apabila kelemahan ini membuatmu ditolak oleh perusahaan. Namun begitu pertanyaan yang dilontarkan tetap harus dijawab dengan jujur. Pilih beberapa kelemahan yang umum dimiliki oleh orang-orang kebanyakan seperti takut gelap, terlalu baik, pelupa, dsb.


2. Pilih kelemahan yang tidak terkait dengan pekerjaan

3 Key Factors to Choose The Right BPM Software | KiSSFLOW

Jika mengenalkan diri lebih dalam, kamu pasti akan menemukan banyak kelemahan. Dalam wawancara, kita tidak perlu mengungkapkan semuanya. Sebutkan tiga itu sudah lebih dari cukup untuk mewakili dirimu yang sebenarnya. Pastikan ketiga kelemahan itu tidak ada kaitannya dengan pekerjaan atau bidang yang kamu lamar. Cotohnya kamu melamar untuk posisi teknisi, maka hindari jawaban seperti pelupa. Karena pewawancara bisa saja menganggap kamu tidak cocok di posisi tersebut.


3. Lengkapi dengan contoh


Dalam menyebutkan kelemahan, sebaiknya disertai dengan contoh dan penjelasan bagaimana kamu mengatasi kelemahan tersebut. Seperti dalam case boros, kamu bisa katakan kalau kamu boros dimakanan, bukan hal lain.Sekalipun kamu boros, teteapi sebetulnya gaji tetap cukup membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan demikian, pewawancara dapat menilai kamu dapat mengatur keuangan dengan baik.


4. Hindari jebakan pertanyaan pewawancara


Sudah menjadi tugas pewawancra untuk menggali informasi para kandidat atau pelamar kerja. Salah merekrut, dapat berakibat fatal bagi perusahaan. Tak heran, pewawancara sering memberi pertanyaaan jebakan setelah kamu mengutarakan kelemahan diri, pewawancara biasanya akan menimpali jawabanmu dengan pertanyaan lain sehingga membuatmu skakmat.


5. Tidak perlu berlebihan


Jika pewawancara memintamu menyebutkan tiga kelemahan, sebutkan saja tiga, tidak perlu berlebihan. Oleh karena itu, beri jawaban seperlunya saja. Hindari bicara panjang lebar mengenai kelemahanmu. Alih-alih kamu ingin pewawancara tahu bagaimanacaramu mengatasi kelemahan tersebut, malah dihujani pertanyaaan lain yang menyudutkan.


6. Dipikir sebelum menjawab



Untuk menanggapi pertanyaan seputar kelemahan diri, kamu tak perlu langsung menjawabnya. Kamu bisa berfikir sejenak tiga sampai lima detik untuk memberi jawaban yang tepat. Jadi tidak asal jawab. Namun begitu sudah siap menanggapinya, beri jawaban tegas, sambil tetap menjaga kontak mata dengan pewawancara. ini untuk menunjukkan bahwa kamu menjawab dengan jujur dan percaya diri.


7. Persiapkan diri sebaik mungkin


Mengingat wawancara kerja sangat penting, sebaiknya kamu mempersiapkan hal ini sebelum hari H. Contohnya dengan latihan menjawab didepan kaca atau meminta bantuan teman untuk melakukan latihan tanya jawab wawancara kerja. Pelajari pertanyaan-pertanyaan HRD ketika wawancara kerja dan siapkan jawabannya sesuai denganmu. Dengan begitu, kamu siap menghadapi apapun pertanyaan dari pewawancara termasuk soal kelemahan diri dan mengatasinya karena kamu sudah punya jawaban yang tepat.


8. Tampil dengan percaya diri


Sikap percaya diri dapat menyelamatkanmu saat menjawab pertanyaan seputar kelemahan karena memang semua orang punya kelemahan. Jadi, kamu tidak perlu setakut itu untuk menyebutkan kelemahan dirimu. Meskipun kamu punya kelemahan, pasti juga kelebihan.  kamu dapat menonjolkan kelebihan tersebut ketika wawancara kerja, seperti keahlian, sopan santun, dan lain-lainnya. Ini yang akan membuat pewawancara terkesan kepadamu. 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja soal Kelemahan Diri",

Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/09/05/200000826/tips-menjawab-pertanyaan-wawancara-kerja-soal-kelemahan-diri?page=all. 

Editor : Rahmayani